Pengertian Game Repack, Reloaded, RIP, Full Version dan Lainnya

󠁀󠁀

Kalian pasti sering mendownload game-game pc gratis di internet, dan mungkin diantara kalian masih bingung terhadap jenis game Repack,FULL,RIP,Reloaded atau yang lainnya...

Pada artikel berikut JagadInfo akan mengulas beberapa pengertian tentang istilah-istilah tersebut secara sederhana agar mudah dimengerti, untuk itu simak penjelasannya dibawah ini..


 1. Full Version 
Full Version Game adalah jenis game yang masih sangat utuh (original) belum tersentuh atau pengurangan sedikitpun, biasanya isi dari game full version ini berdasarkan data file sama seperti di steam hanya saja didalamnya sudah dibekali dengan Crack,Serial Number atau Keygen untuk membuat gamenya bisa berjalan.


 2. Repack
Versi repack adalah game yang sudah dicompress dengan mengurangi kualitas video (bukan menghilangkan) juga menghapus beberapa file yang tidak begitu penting, ini bertujuan agar size game tersebut berkurang tanpa adanya penghapusan fitur/scene/audio. Contoh tim-tim repacker yang paling terkenal saat ini adalah Blackbox, Corepack dan Fitgirl. Game-game repack merupakan salah satu versi yang favorit dan banyak didownload, namun kekurangan dari versi repack ini adalah penginstallan yang memakan waktu cukup lama (tergantung pada ukuran game tersebut).


 3. Reloaded
Versi reloaded adalah game yang sama seperti Full Version bedanya versi reloaded sudah diisi dengan berbagai tambahan seperti Crack,Update,Fix,Patch atau semacamnya. Ini bertujuan untuk memperbaiki bug/error yang bisa saja terjadi pada keluaran pertamanya. Contoh tim reloaded yang terkenal adalah Skidrow. Versi reloaded biasanya memiliki ukuran yang lebih besar, ini disarankan untuk anda yang ingin mendownload keseluruhan game beserta update/fix nya agar tidak perlu mendownloadnya lagi secara terpisah.


 4. RIP
Versi RIP atau Ripped adalah versi game yang dikompres secara penuh dan pengurangan beberapa file seperti Audio, Video(cutscene), Texture dan beberapa Fitur. Versi RIP ini memiliki ukuran yang lebih kecil, jadi untuk anda yang ingin benar-benar menikmati story game, disarankan untuk tidak mendownload versi ini.


 5. Full RIP
Kalau yang tadi adalah versi RIP maka yang ini adalah Fullnya, versi ini sebenarnya sama seperti RIP hanya saja dalam skala yang lebih besar. Hampir 90% Audio/Cutscene yang dihilangkan dalam versi Full RIP atau bahkan bisa keseluruhannya. Jadi anda tidak dapat mendengar suara tokoh dalam game, musik, tidak bisa menonton scene dalam storynya. Jika anda yang hanya ingin mencicip gameplaynya saja maka versi Full RIP bisa anda coba.


6. High Compressed
Game High Compressed merupakan game yang dikompres secara ekstrim, perubahan ukuran bisa sangatlah drastis. Game yang ukuran 5GB saja bisa jadi 1GB atau bahkan 500mb. Versi ini tidak sama seperti RIP ataupun Full RIP, karena pada High Compressed ini tidak banyak menghilangkan file-file di dalam game. Rata-rata game high compressed tidaklah sempurna kadang bisa banyak error, cacad atau tidak work sama sekali.


 7. Alpha / Beta

Alpha
Versi Alpha adalah project game yang pertama kali dibuat dengan kemajuan sekitar 30 - 40% , yang artinya belum sempurna. Masih terdapat banyak bug dan kejanggalan dalam Alpha Game, misalnya tubuh karakter yang awkward, suara yang tidak singkron, texture yang hilang dan stage ataupun fitur yang belum banyak tersedia. Game-game versi alpha sangat cocok untuk mereka para Game Tester.

Beta
Versi Beta bisa dibilang sebagai game masa percobaan atau tahap uji coba. Para developer biasanya meluncurkan versi beta terlebih dahulu, tujuannya agar mengetahui kelemahan pada game tersebut dan melakukan perbaikan lalu kemudian meluncurkan versi game yang telah disempurnakan.


8. Portable Game
Game portable adalah game Siap Tancap ! Artinya tanpa perlu melakukan penginstallan, game ini langsung bisa dimainkan kapan saja. Anda bahkan bisa menyimpan game-game portable di FlashDisk,DVD atau media penyimpanan lainnya.







Itulah beberapa pengertian tentang istilah-istilah yang ada pada game, jikalau anda masih bingung dengan istilah yang lain, silahkan tanyakan saja di kolom komentar. Nanti akan saya tambahkan penjelasannya di atas. 😁

Perlu kalian ketahui bahwa istilah-istilah seperti itu hanya berlaku pada dunia game bajakan saja (kecuali Alpha/Beta/Portable), karena dalam dunia game original sudah pasti keseluruhan gamenya adalah Full Version.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Pengertian Game Repack, Reloaded, RIP, Full Version dan Lainnya"

  1. wah jadi pantas ane main game full rip beda isi nya sama full version mntap

    ReplyDelete
  2. Lebih milih repack. Makasih infonya

    ReplyDelete
  3. Jadi makin luas pengetaguan gw tntng game, sebelumnya yg saya tau cuma alpha /beta. Mantap infonya

    ReplyDelete
  4. oh gitu ya gan ,makasih nih infonya jadi banyak tau ane tentang Game dari blog ini :)

    ReplyDelete
  5. Penjelasannya sangat lengkap sekali gan :) Kalo game high compressed itu emang sebagian besar enggak work

    ReplyDelete
  6. Saya pernah mendownload game versi repackaged,tapi kenapa versi voice jalannya tidak berfungsi,apakah harus mendownload versi Reloaded ya agar berfungsi

    ReplyDelete
  7. Saya pernah mendownload game versi repackaged,tapi kenapa versi voice japannya tidak berfungsi,apakah harus mendownload versi Reloaded ya agar berfungsi

    ReplyDelete
  8. The initial thing you need to do when you are going to launch a website is to find a house, cheap game server hosting service, for it. Thinking from a certain degree, the right choice of a web hosting provider is the beginning of the success of a website. You may have a great website, however if your web server goes down frequently then greatness can become meaningless, doesn't it?

    ReplyDelete